Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kegiatan Praktik Industri Tingkat IV

2. Penanganan Quality control 


Deskripsi dan Pengelompokan 

Quality Control (QC) departement adalah suatu departement yang bertugas mengontrol dan mengawasi mutu produk agar tetap dalam standard.
Kegiatan utama QC adalah mengawasi mutu produk mulai dari bahan baku, proses produksi, sampai produk jadi. QC departemen dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
1. QC incoming Material
QC incoming material bertugas untuk menguji dan menganalisa bahan baku produksi yang datang baik packaging material ( bahan kemas ) ataupun raw material ( bahan mentah ).
2. QC Laboratory
QC laboratory adalah QC yang bertugas di laboratorium untuk menganalisa mutu bahan / produk secara laboratorim. Bahan yang dianalisa antara lain syrup candy, produk setengah jadi, dan produk jadi.
3. QC Line Control / QC Inspector
QC yang bertugas mengawasi dan menguji mutu permen pada line proses, line pengemasan, dan finish product.
4 .QC Flavour Man
QC yang bertugas mempersiapkan bahan-bahan atau bahan tambahan makanan seperti flavor, pemanis buatan, pewarna makanan dll, yang digunakan dalam produksi.
 
 3. Penanganan Limbah Perusahaan Tempat PI

Penanganan Limbah
Limbah yang dihasilkan oleh PT. Sweet Candy Indonesia dikategorikan sebagai limbah dari industri (dari produksi) makanan yang banyak mengandung senyawa organik, diantaranya gula dan lemak. Jadi limbah – limbah itu tidak terlalu berbahaya untuk lingkungan. Untuk limbah sisa produksi seperti adonan dan produk, penanganan limbahnya tidak dilakukan di area pabrik melainkan dikirim ke Cibinong untuk ditangani disana. Sedangkan untuk limbah dari produksi seperti air bekas pencucian, air proses, sisa flavour dilakukan perlakuan terlebih dahulu dengan cara pengendapan senyawa-senyawa kimia yang mungkin membahayakan dengan tujuan untuk mengurangi kadar COD (chemical on demand) sebelum disalurkan melalui pipa ke pengolahan limbah di kawasan industri.

4. Sistem Ketenagakerjaan

PT Sweet Candy Indonesia memiliki karyawan sekitar 1500 karyawan. Setiap karyawan mendapat fasilitas berupa gaji bulanan, tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi / jemputan, asuransi jamsostek, tunjangan makan, serta mendapatkan fasilitas lain berupa seragam atau pakaian kerja. Karyawan di PT. Sweet Candy Indonesia ada yang berstatus sebagai karyawan tetap dan ada pula yang berstatus sebagai karyawan kontrak.
Karyawan di PT. Sweet Candy Indonesia terbagi dalam 3 shift dan Non shift ( General Shift ).
1. Non Shift / General Shift
Karyawan yang tidak terkena shift bekerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dan masuk 5 hari kerja setiap minggunya yaitu mulai hari Senin sampai Jumat.
2. Shift 1
Karyawan yang terkena shift 1 mulai bekerja pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 13.30 dan masuk 6 hari kerja setiap minggunya sesuai ketentuan.
3. Shift 2
Karyawan yang terkena shift 2 mulai bekerja pada pukul 13.30 sampai dengan pukul 21.50 dan masuk 6 hari kerja setiap minggunya sesuai ketentuan.
4. Shift 3
Karyawan yang terkena shift 3 mulai bekerja pada pukul 21.50 sampai dengan pukul 06.00 dan masuk 6 hari kerja setiap minggunya sesuai ketentuan




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar