Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kegiatan Praktik Industri tingkat IV

Sejarah Perusahaan

PT. Sweet Candy Indonesia merupakan salah satu perusahaan makanan yang bergerak di bidang confectionery/ kembang gula yang memproduksi permen.   Dengan lebih dari 18.000 karyawan dan area operasi di lebih 30 negara, PT. Sweet Candy Indonesia merupakan perusahaan kembang gula nomor 3 terbesar di dunia dan nomor 1 terbesar di Indonesia.  Sebelumnya PT. Sweet Candy Indonesia merupakan dua perusahaan candy yang berbeda, yaitu PT. Sweet Indonesia yang berdiri pada tahun 1992 yang terletak di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Cibinong , Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan PT. Candy Indonesia yang berdiri pada tahun 1997 di Kawasan Industri Bukit Indah City Block A II kav 19-21 Purwakarta yang disebut Plant Cikampek. Akan tetapi pada tahun 2001 karena suatu hal ataupun beberapa pertimbangan kemudian kedua perusahaan bergabung menjadi PT. Sweet Candy Indonesia. Adapun luas lahan/area PT. Sweet Candy Indonesia adalah sekitar 9 hektar, 6,7 hektar di Plant Cibinong dan 2,3 hektar di Plant Cikampek. Produk yang dihasilkan dari PT. Sweet Candy Indonesia adalah gum, coated gum/chewy gum, dan hard candy. Perusahaan ini selalu berproduksi selama 24 jam penuh, kecuali hari libur bersama, dengan kuantitas produksi yang sangat besar. PT. Sweet Candy Indonesia telah diakui kualitasnya di pasaran confectionery produk karena telah mendapatkan Internasional Standard Operational. PT. Sweet Candy Indonesia mengalami perkembangan dari tahun ke tahun baik organisasi maupun pemasarannya. Produk-produk yang dihasilkannya pun tidak hanya dipasarkan di pasaran lokal tetapi sebagian sudah menembus di pasaran internasional. Adapun pemasaran export meliputi kawasan Timur Tengah, Asia , Afrika, Amerika, dan lain lain.

1. Komoditas Perusahaan Tempat Prakerin PT.sweet candy

Klasifikasi/Komoditas permen : 
Pada dasarnya prinsip pembuatan hard candy adalah dengan cara mendidihkan campuran gula, glukosa HMS, dan air bersama dengan bahan–bahan tambahan lainnya pada suhu yang telah ditentukan sampai tercapai kadar air yang seminimal mungkin pada kondisi vakum. Seni membuat permen dengan daya tahan yang memuaskan terletak pada pembuatan produk dengan kadar air minimum dan dengan pengkristalan yang terkendali. Kristalisasi yang tak terkendali dalam produk ini berakibat mengurangi penampilan yang jernih seperti kaca dan membentuk massa yang kabur. Kekurangan ini disebut graining dan mengakibatkan penampilan permen yang kurang memuaskan dan permen terasa kasar di lidah. Kristalisasi akan terjadi secara secara spontan, tetapi dapat dicegah dengan menggunakan bahan-bahan seperti sirup glukosa dan gula invert yang bersifat tidak mengkristal tetapi menghambat terjadinya kristalisasi gula/permen. Bahan semacam ini disebut ’dokter’ yang ditambahkan dalam proses produksi.
Di PT Sweet Candy Indonesia , jenis permen hard candy yang diproduksi dapat digolongkan menjadi 3 jenis yaitu :
· Hard Boiled Candy Acid
Sesuai dengan namanya, permen jenis ini menggunakan acid sebagai bahan tambahan yaitu citric acid dalam proses pembuatannya sehingga pada produk akhirnya berasa asam. Jenis acid yang digunakan adalah citric acid anhidrous yang berfungsi memberikan rasa asam pada permen yang ditambahkan pada saat proses mixing dan lactic acid yang digunakan pada proses cooking di vacuum cooker. Lactic acid ini berfungsi untuk menutupi pori-pori shell (exterior permen) untuk mencegah filling syrup bocor (leaking syrup) dan membuat permen tampak lebih bercahaya dan mengkilap.
· Hard Boiled Candy Non Acid
Berbeda dengan hard boiled candy acid, pada permen jenis ini tidak ditambahkan citric acid anhidrous pada proses mixing sehingga produk akhirnya tidak berasa asam. Permen jenis ini dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu hard boiled candy non acid activ yang menggunakan filling syrup dan hard boiled candy non acid no filling syrup. Pada hard boiled candy non acid activ menggunakan lactic acid karena menggunakan filling syrup yang berfungsi menutup pori-pori shell (exterior/kulit luar permen) dan membuat permen tampak lebih bercahaya dan mengkilap. Lactic acid ini ditambahkan pada proses cooking di vacuum cooker. Meskipun tergolong acid, fungsi penambahannya tidak mengakibatkan efek asam pada produk akhir karena penambahannya dalam intensitas yang relatif kecil / minimalis. Sedangkan untuk hard boiled candy non acid no filling syrup tidak menggunakan lactic acid karena permen jenis ini berupa exterior (shell permen) dan tidak terdapat filling syrup (interior) pada produk akhir.
· Hard Boiled Candy Milk
Pada permen jenis ini selama proses pembuatannya ditambahkan produk susu dan senyawa-senyawa allergen dalam shell (exterior/kulit luar) permen dan dalam filling syrup. Terdapat 2 jenis yaitu hard boiled candy milk fruit dan hard boiled candy milk caramel. Perbedaannya terletak pada segi komposisi bahan yang digunakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar